Survei Brand Politika : Elektabilitas Rahmad Mas’ud Masih Terlalu Kuat


BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Salah satu lembaga survei yang sudah lama mempunyai nama baik yakni Brand Politika melakukan survei untuk mengetahui sejauh mana warga Balikpapan mengenal program Walikota saat ini.


Serta bagaimana hasilnya jika pemilihan Kepala Daerah dilakukan dalam waktu dekat, untuk itulah Brand Politika menyampaikan hasil survei mereka kepada para awak media di Balikpapan pada Kamis (18/8/2022).


Direktur Eksekutif Brand Politika, Eko Satiya Hushada, mengatakan pihaknya melakukan survei dan wawancara pada 17- 24 Juli 2022 di 6 kecamatan, dengan menggunakan metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.


“Total ada 500 responden yang disurvei atau wawancarai dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan 100 pertanyaan yang diajukan,” ujar Eko Satiya Hushada kepada awak media, Kamis (18/8/2022).


Tujuan survei mengevaluasi kinerja Pemerintah Kota Balikpapan, mengukur elektabilitas dan 9 program pemerintah Kota Balikpapan. Diantaranya permasalahan yang mendesak secara umum masih sulit kestabilan harga sembako, banjir dan kemacetan, sarana pendidikan.

“Serta bagaimana jika pilkada dilakukan saat ini siapa yang mendapatkan persentase tinggi diantara calon-calon lainnya untuk mengisi Walikota Balikpapan,” kata Eko.


Sementara itu, dari tingkat kepuasan kinerja Walikota Balikpapan tiap programnya, terlihat cukup baik mulai dari pelayanan fasilitas kesehatan 82 persen, pelayanan pendidikan 75 persen, keamanan lingkungan 87 persen, sosial kemasyarakatan 86 persen, pelayanan KTP 87 persen, pembangunan dan penataan lingkungan 83 persen, penghijauan lingkungan 84 persen dan penegakkan hukum 76 persen.


“Sisanya yang persentasenya masih rendah diantaranya perekonomian masyarakat 47 persen, lapangan pekerjaan 43 persen, kestabilan harga sembako 19 persen,” akunya.

Sedangkan dari hasil survei sejumlah nama muncul sebagai Calon Walikota Balikpapan yang dipilih warga pada Pilkada 2024 mendatang diantaranya, Rahmad Mas’ud mendapatkan 97 persen, Heru Bambang 69 persen, Andi Burhanuddin Solong 67 persen, Ahmad Basir 51,6 persen dan Irjen Pol Safaruddin 51.4 persen.


“Seandainya pemilihan Wali Kota Balikpapan dilakukan hari ini nama Rahmad Mas’ud mempunyai peluang keterpilihan sangat tinggi dan berbeda signifikan dengan nama-nama lain yang muncul,” imbuhnya.

“Elektabilitas Rahmad Mas’ud rata-rata sebesar 75 persen, sedangkan elektabilitas calon lainnya baik Walikota dan Wakil Walikota bersaing kuat dan rendah berada di persaingan nama-nama Budiono, Heru Bambang, Syukri Wahid, Ahmad Basir, Abdulloh, dan Resti Utami,” jelasnya.


Untuk elektabilitas partai politik sejauh ini dikuasai oleh empat segmen utama yakni segmen paling atas dan berbeda signifikan partai Golkar sebesar 32 persen, segmen menengah kedua teratas dan berbeda signifikan yaitu PDIP sebesar 19 persen.

“Dan segmen menengah bawah ada Gerindra Hanura, PKS serta segmen paling bawah diisi Demokrat, PPP, NasDem, PAN PKB,PKPI,” pungkasnya. (*)


sumber:


2 views0 comments