top of page
  • Writer's pictureadmin

Berdasarkan Survei, Tokoh Politik Ini yang Disukai Masyarakat Balikpapan

Updated: Aug 26, 2022


Rilis pertemuan survei Kota Balikpapan dengan Tema Lapangan kerja Highlight, Balikpapan tidak siapa? yang dihadiri oleh Analis Kebijakan Publik, Rocky Gerung serta Ketua Apindo Kaltim, Slamet Broto Siswoyo. (Foto: Yudi Hadi/Korankaltim.com)


KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Rahmad Mas'ud yang saat ini menjabat Wali Kota Balikpapan menjadi tokoh politik yang disukai masyarakat Kota Beriman, Balikpapan. Hal itu berdasarkan hasil survei dari Brand Politika research and campaign.

Dalam riset yang dilakukan pada 17- 24 Juli 2022 lalu itu menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebesar 500 responden (margin of error sebesar ± 4.38 persen,pada tingkat kepercayaan 95 persen).


Direktur Eksekutif Brand Politika research and campaign, Eko Satiya Hushada menjelaskan, pada kategori pengenalan calon wali kota Balikpapan yang layak menurut responden, Rahmad Mas'ud bertengger diurutan atas dengan jumlah pengenalan 97,0 persen dan kesukaan 92,1 persen. Disusul oleh Andi Burhanuddin Solong dengan jumlah pengenalan diangka 67,0 persen dan kesukaan 65,3 persen.

Kemudian Heru Bambang mendapat 69,6 persen dan kesukaan 76,8 persen disusul Ahmad Basir dengan angka 51,6 persen dan kesukaan 79,7 persen. Di mana diambil nama secara tertutup dengan jumlah 22 tokoh politik Balikpapan.


"Angka itu diperoleh dari wawancara langsung melalui metode multistage random sampling, jadi kami wawancara langsung ke masyarakat, ada pertanyaan terbuka itu tidak ada jawaban pilihan nama kemudian terbuka. Itu hasilnya seperti itu yang ditanyakan ke 500 responden masyarakat Balikpapan."paparnya saat rilis pertemuan survei Kota Balikpapan di Hotel Whiz Prime Balikpapan, Kamis (18/8/2022).



Untuk keterpilihan calon wali kota Balikpapan, nama Rahmad Mas’ud juga masih diurutan atas. Eko menjelaskan untuk pertanyaan terbuka, mengukur top of mind responden terhadap nama Rahmad Mas’ud sebagai figur yang tepat dipilih sebagai wali kota, cukup tinggi. Jauh meninggalkan nama lainnya, hingga di 75,2 persen.

"Jadi pertanyaannya, jika hari ini dilaksanakan Pilkada Balikpapan siapa tokoh yang tepat, itu muncul nama tadi yang pasti tertinggi itu Rahmad Mas'ud. Kemudian pertanyaan tertutup kita beri nama ada 15, 10 dan 5 nama tokoh itu memang Rahmad Mas'ud tertinggi yang lain jauh di bawah. Yang pasti responden semua warga Balikpapan yang memiliki hak pilih dan sudah menikah,"bebernya.

Untuk tingkat kepuasan kinerja Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud sejak menjabat pada 31 Mei 2021 lanjut Eko, juga responden menilai baik. Kendati demikian ada empat persoalan utama yang mendapat perhatian atas kinerja wali kota Balikpapan yakni terkait masalah tenaga kerja, banjir, infrastruktur dan air bersih.

"Dan ini sudah kami sampaikan ke wali kota dan beliau menyambut baik dan akan menjadi bahan dalam mengambil kebijakan."tandasnya.

Diketahui survei tersebut dilakukan untuk mengetahui perilaku masyarakat di Balikpapan terhadap kondisi umum masyarakat dan isu sosial politik masyarakat yang berkembang saat ini. Mengevaluasi kinerja Pemkot Balikpapan dan mengukur efektivitas sembilan program prioritas Pemkot Balikpapan. Penulis: Yudi Hadi Editor: Maruly Zainuddin


sumber:


bottom of page