top of page
  • Writer's pictureadmin

60,2 Persen Masyarakat Puas Kinerja Gubernur Kaltara, Berbanding Terbalik dengan Wagub


Brand Politika merilis hasil survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang dan Wakil Gubernur Kaltara, Yansen TP. Survei dilakukan dengan 500 responden mulai 14 Januari sampai 20 Januari lalu.


Khusus untuk kinerja gubernur Kaltara, 60,2 persen masyarakat puas (16,6 persen sangat puas + 46,3 persen puas) dengan kinerja Zainal A Paliwang. Sisanya yakni 39,0 persen tidak puas (34,8 persen tidak puas + 4,2 persen sangat tidak puas). Sementara sisanya 0,8 persen tidak tahu/tidak menjawab.



Hasil ini berbanding terbalik dengan penilaian kinerja Wagub Kaltara, Yansen TP. Hanya 45 persen masyarakat yang puas dengan kinerja Yansen (9,8 persen sangat puas + 35,2 persen puas). Sementara yang tidak puas dengan kinerja Yansen mencapai 53,4 persen (48 persen tidak puas + 5,2 persen sangat tidak puas. Sisanya 1,6 persen tidak tahu/tidak menjawab.


Direktur Eksekutif Brand Politika, Eko Satiya Hushada mengatakan ada beberapa ukuran yang membuat tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang. 32,6 persen masyarakat, kata dia, puas dengan kinerja gubernur karena jalan semakin baik.


“Kemudian 25 persen masyarakat puas karena bantuan ke masyarakat. 18, 6 persen karena gubernur aktif turun langsung ke masyarakat. Serta beberapa ukuran lain seperti kinerja yang baik hingga pembangunan yang merata,” ungkapnya.



Lalu dari masyarakat yang tidak puas dengan kinerja Zainal, 46,7 persen di antaranya karena bantuan yang tidak merata. Lalu harga sembako yang masih mahal, bantuan tidak tepat sasaran, hingga pembangunan yang tidak transparan.


Sedangkan khusus kinerja Yansen, masyarakat puas karena dianggap cocok sebagai wagub. Lalu berkinerja baik, saling bekerja sama dengan gubernur, hingga bantuan yang merata.

Namun dominan masyarakat tidak puas lantaran jarang tampil di masyarakat, kurang merakyat, jarang hadir di acara, hingga beberapa ukuran lain, yang membuat penilaian masyarakat terhadap kinerja Yansen menurun. (*)


Sumber: Fajar Kaltara

Commentaires


bottom of page